Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah digunakan didunia pendidikan Indonesia sejak lama. Berbagai institusi pendidikan saling bersaing untuk memanfaatkan teknologi seperti membangun jaringan internet, sistem pembelajaran online (e-learning), infrastructure penggunaan hardware, pengadaan software, dsb.
Pendidikan yang pada awalnya bertatap muka antara siswa dengan guru tentunya kemungkinan besar di masa yang akan datang akan beralih menjadi bertatap layar yang kita sering sebut E-learning. Dampak E-learning terhadap metode pendidikan masa yang akan datang yaitu pendidikan bersifat lebih luwes (fleksibel), lebih terbuka. Materi-materi pembelajaran yang ada bisa di akses oleh siapa saja.
1. Perubahan Pola Pendidikan
Memasuki abad ke-21 perubahan pada dunia pendidikan cenderung terjadi, hal ini disebabkan oleh munculnya inovasi dunia pendidikan yang terus berkembang.
B. Uno pada tahun 2010 berkata bahwa pendidikan terutama di Indonesia akan mengarah kepada hal berikut :
a. Mulai dikembangkannya pendidikan secara terbuka, seperti saat ini berlakunya kampus merdeka dalam menjalankan proses belajar mengajar.
b. Sharing resource dimana adanya kegiatan yang dilakukan bersama antara lembaga pendidikan dengan sekelompok perpustakaan yang tergabung dalam sebuah jaringan yang memiliki tujuan mengurangi biaya pengembangan koleksi dan meningkatkan layanan.
c. Penerapan teknologi multimedia terbaru untuk menggantikan teknologi lamanya, seperti televisi atau radio.
2. Platform Pembelajaran Online
Saat ini dengan adanya pandemic Covid-19, masyarakat tidak boleh melakukan perkumpulan dan belajar mengajar dilakukan semua secara daring atau online. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kelancaran kegiatan proses belajar mengajar yang sedianya rutin diadakan 5 sampai 6 kali setiap minggu. Maka untuk menghindari hal tersebut, metode kegiatan belajar mengajar jarak jauh sangat memungkinkan untuk dilaksanakan. Kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini menggunakan jaringan internet. Metode tersebut yaitu E-learning.
Berberapa aplikasi atau platform yang menyediakan metode pembelajaran secara e-learning antara lain sebagai berikut :
a. Microsoft Office 365
Dalam aplikasi ini menggunakan email dengan domain dari sekolah. Microsoft memberikan kemudahan untuk dapat mengakses secara realtime aplikasi seperti MS.Word, Ms. Excel, Power Point, dan sebagainya.
Kelebihannya antara lain :
1) Fitur selalu up to date dan diperbaharui tanpa biaya tambahan.
2) Hasil kerja dapat disimpan pada cloud storage OneDrive 1TB.
3) Dapat menyimpan data kapan saja dan dari mana saja karena mendapatkan bonus 1TB cloud storage.
Kekurangan aplikasi microsoft office 365 :
1) Harus berlangganan dan membayar biaya langganan sesuai ketentuan pihak microsoft office 365.
2) Harus selalu terhubung dengan internet agar mendapatkan update fitur.
b. Aplikasi Ruang Guru
Aplikasi Ruang guru sering beredar di komersial televisi, mereka banyak menggencarkan program-program belajar secara online melalui bimbingan online-nya. Layanan kelas virtual, video belajar berlangganan, platform ujian online, marketplace les privat, serta materi-materi pendidikan lainnya merupakan fitur aplikasi ini yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.
Kelebihan aplikasi Ruang Guru :
1) Penampilan menarik.
2) Materi belajar yang cukup lengkap.
3) Tampilan dan kualitas video yang bagus.
Kekurangan aplikasi Ruang Guru :
1) Volume bantuan suara terlalu tinggi.
2) Antarmuka masih tampak terlalu ramai.
3) Penyampaian video terlalu childish untuk siswa SMA.
4) Terlalu banyak iklan promosi yang muncul.
c. Rumah Belajar
Adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh siswa untuk belajar online, yang dibuat dan dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan memanfaatkan teknologi, siswa memiliki alternatif lain untuk tetap belajar karena aplikasi ini juga menyediakan berbagai sumber ilmu pengetahuan. Fitur yang ada pada aplikasi ini sama seperti kelengkapan sekolah dalam bentuk online. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Aplikasi rumah belajar bisa diakses di laman belajar.kemendikbud.go.id melalui mobile maupun PC.
Kelebihan aplikasi rumah belajar adalah :
1) Berbagai macam konten yang dibuat sangat menarik.
2) Bisa digunakan secara offline maupun online.
3) Dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas.
d. Meja Kita
Aplikasi belajar online meja kita memiliki fasilitas ruang diskusi untuk interaksi antara siswa dan guru mereka. Materi pembelajaran yang disediakan oleh aplikasi meja kita yaitu materi jenjang pendidikan SD sampai SMA. Untuk mengakses materi pembelajaran di meja kita tidak dipungut biaya. Terdapat banyak catatan yang diupload oleh siswa lain sehingga memperbanyak materi pembelajaran.
Kelebihan aplikasi meja kita adalah :
1) Siswa bisa bertukar catatan atau rumus dengan siswa lain yang berbeda sekolah maupun yang berbeda daerah.
2) Terdapat fitur diskusi antara siswa
3) Mendapatkan penghasilan tambahan bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan siswa lain atau siswa yang membagikan catatannya ke aplikasi meja kita.
Kekurangan aplikasi meja kita adalah :
1) Penggunaan aplikasi meja kita mengarah ke bisnis atau bersifat komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
2) Rentannya menyontek jawaban siswa lain dalam mengerjakan suatu soal.
e. Edmodo
Aplikasi ini mengutamakan privasi seorang siswa. Pada awalnya edmodo merupakan platform mikroblogging pribadi yang kemudian dikembangkan untuk kegiatan proses belajar mengajar siswa dan guru.
Kelebihan aplikasi edmodo :
1) Tampilan sederhana sehingga memudahkan pengguna.
2) Dapat membagikan file dengan format PDF, pptx, swf, html, dan sebagainya.
3) Hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat dibuka pada smartphone.
Kekurangan aplikasi edmodo :
1) Tidak terintegrasi dengan berbagai jenis sosial media.
2) Hanya tersedia dalam bahasa inggris.
3) Tidak memilki fasilitas video conference.
f. Moodle
Moodle merupakan platform website untuk e-learning, dimana para siswa mendapatkan pembelajaran yang telah disediakan dalam kelas digital. Seorang guru bisa membuat materi pembelajaran, serta tugas kepada siswa.
Kelebihan aplikasi moodle :
1) Networking dan Security-nya yang dapat diatur sendiri.
2) Ruang akses dapat dibatasi dengan jaringan yang dibuat dan dapat memiliki hak akses masing-masing.
3) Sistem pembelajaran dapat disesuaikan oleh kebutuhan pengguna.
Kekurangan aplikasi moodle :
1) Harus memiliki pemahaman tentang sistem pada moodle.
2) Perlunya tenaga ahli sebagai administrator untuk pemeliharaan aplikasi dan pembangunan sistem e-leaningnya.
3) Membutuhkan perangakat yang cukup mahal dalam penggunaannya.
g. SEVIMA EdLink
Aplikasi ini membantu mahasiswa dan dosen untuk berbagi materi kuliah, tugas serta file lainnya dengan mudah. Dosen bisa membuat forum diskusi, memberikan tugas kepada mahasiswa. Mahasiswa bisa memberikan pesan pribadi serta memberikan file kepada dosen maupun mahasiswa lainnya.
Kelebihan aplikasi SEVIMA EdLink :
1) Terdapat fitur reminder jadwal perkuliahan sehingga pengguna tidak ketinggalan materi.
2) Terdapat fitur diskusi kelas.
Kekurangan aplikasi SEVIMA EdLink :
Aplikasi sangat tergantung pada kecepatan internet
h. Google Classroom
Pemberian dan penyelesaian tugas pada aplikasi ini bisa dilakukan melalui google drive. Pada aplikasi ini pemberitahuan disampaikan melalui gmail.
Kelebihan aplikasi gogle classroom :
1) Mudah digunakan oleh pemula sehingga proses belajar mengajar lebih efisien.
2) File tersimpan di dalam google drive sehingga tidak ada kekhawatiran file hilang.
Kekurangan aplikasi google classroom :
1) Tampilan kurang menarik.
2) Waktu pengiriman tugas dapat diatur, sehingga masih terdapat siswa yang sengaja mengatur waktu terlambat dalam pengumpulan tugas.
i. Kelas Kita
Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain karena memiliki fitur sosial. Kelas kita bisa digunakan untuk membagi materi belajar formal, meningkatkan kemampuan serta keahlian dengan cara berbagi materi pembelajaran.
Kelebihan aplikasi kelas kita :
1) Siswa dapat memilih kelas sesuai minat sendiri.
2) Terdapat fitur sosial media sehingga siswa bisa berinteraksi.
3) Dapat digunakan oleh berbagai kalangan.
Kekurangan aplikasi kelas kita adalah :
Penggunaan aplikasi kelas kita bisa mengarah ke bisnis atau bersifat komersial karena terdapat fitur yang bayar dan membayar.
3. Dampak Metode Pembelajaran Online Terhadap Dunia Pendidikan
a. Dampak positif.
1) E-learning bisa dijadikan metode pembelajaran informal. Pada era perkembangan ilmu teknologi dan informasi saat ini, e-learning sudah digunakan hampir lebih dari 75% dalam pembelajaran yang berbentuk informal. Hal ini mengubah pemikiran umum sebelumnya yang mana e-learning dianggap sebagai metode belajar formal semata, misalnya untuk belajar atau kursus tertentu. E-learning bisa dikategorikan ke dalam metode pembelajaran informal karena banyak yang terlibat dalam metode belajar ini, mengalami masalah dalam beraktifitas sehari-hari sehingga menggunakan metode pembelajaran online adalah pilihan yang cocok.
2) Dapat mengakses ilmu dari banyak sumber.
Terdapat banyak sumber ilmu pada metode belajar E-learning, baik konten maupun manusia. E-learning yang merupakan sebuah aktivitas menggunakan media sosial yang menyediakan pengalaman serta pengetahuan baru melalui komunitas online sesama pengguna.
3) E-learning mendukung pembelajaran kelompok Metode belajar e-learning sangat mendukung belajar kelompok. Hal ini menyebabkan semua anggota dalam group e-learning bisa belajar bersama dimanapun berada.
4) Efisien dalam menggunakan waktu. Metode belajar e-learning sangat efisien dalam penggunaan waktu. Pada metode belajar tatap muka, seorang guru akan menjelaskan terlebih dahulu materi kepada siswa dimana proses ini akan menyita cukup banyak waktu.
5) Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan. Biaya yang digunakan pada metode pembelajaran e-learning sangat murah dibandingan metode tatap muka. Metode pembelajaran e-learning tidak membutuhkan biaya transportasi untuk menuju tempat belajar.
6) Kemudahan mengakses materi belajar. Materi pembelajaran pada metode e-learning dapat diakses oleh seseorang kapan saja dan dimana saja saat membutuhkannya
7) Menjangkau wilayah geogafis yang luas. Jaringan internet yang luas sangat mendukung metode belajar e-learning yang digunakan.
8) Siswa lebih mandiri. Pada proses pembelajaran menggunakan metode e-learning, para siswa tidak didampingi secara langsung oleh guru.
9) Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi. Siswa diberi kebebasan untuk berkreasi. Siswa bebas mengaplikasikan cara belajar masing-masing.
b. Dampak negatif
1) Kuranganya interaksi
2) Mengabaikan aspek sosial.
3) Proses belajar cenderung kearah pelatihan dari pada pendidikan.
4) Penambahan tugas untuk pendidik. Pendidik dituntut untuk belajar mulai dari dasar cara mendidik menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
5) Cenderung gagal bagi siswa yang bermotivasi rendah. Siswa cenderung gagal dalam metode belajar ini apabila tidak ada motivasi serta semangat dari diri siswa itu sendiri.
6) Tergantung pada jaringan internet. Salah satu syarat utama agar proses belajar-mengajar metode e-learning bisa tercapai adalah harus adanya jaringan internet.
7) Keterampilan menggunakan internet yang belum cukup Peserta didik dan pedidik harus bisa menguasai dan memahami cara menggunakan internet dan teknologi pendukung agar dapat melakukan belajar mengajar menggunakan metode e-learning.
8) Kurangnya keterampilan komunikasi siswa. Proses belajar e-learning yang terus menerus akan menyebabkan keterampilan komunikasi siswa berkurang.
9) Berkurangnya praktik nyata. Pada umumnya metode e-learning lebih banyak memberikan teori dibandingkan praktek.
Komentar
Posting Komentar